Pages

Thursday, March 06, 2014

Lost in Hongkong: Part 1

Hello patients!!!!!!!!!!!!!!! Back with me, dr.B

Recently, I got a chance to visit Hongkong, Macau and Singapore. Since I've been meaning to enjoy life more, I'm going to have more vacation (in Indonesia or abroad) as often as possible, life is too short to be wasted in the comfort of your bedroom right?

I will be writing this blog bilingually, hoping that more fellow Indonesians will read my blog and benefitted from it.

JADI!!! Alasan kepergian kali ini adalah... tiket murah! Yes, God's blessing called low cost airlines. Gw PP Jakarta-Singapore-Hongkong-Singapore-Jakarta habis kurleb 2 million idr, termasuk bagasi. Murah yaaa *joget joget*

Perjalanan dimulai sabtu malam dari Bandara Soekarno Hatta Terminal 2. Gw pilih flight malam jam 22.00 karena pagi nya masih kerja (derita kerja di rumah sakit jadi Sabtu wajib masuk) lalu dari Jakarta, transit di Singapura. Flight ke Hongkong baru jem 7 pagi nya jadi gw ngabisin waktu sekitar 4-5 jam di Bandara Changi Terminal 1.

Sampe di Singapura, kelaparan akut!! Mau beli makan di pesawat mahal berat, nasi lemak dalam kotak aja 12 SGD (sekitar 120.000 idr) mahal benerrrrr... Jadi ditahan tahan, akirnya makan di Changi. Trus nyari tempat buat tidur setelah sebelumnya pijit kaki dulu pake mesin Osim yang ada di berbagai penjuru Changi Airport.

Long story short, I arrived in Hongkong around 11 AM on Sunday. Agak kagum ya sama bandara SG dan HK, ruame abis dan guede banget tapi rapih. Jadi malu ngeliat kondisi Soetta yang agak kumuh...  Sampe lagi lagi kelaparan!!! Secara ya makan terakir jem 2 malem, jadinya jajan sandwich di seven eleven. FYI, sandwich nya yummy banget, Tau dahhh karena laper atau emank enak.

Untuk masalah komunikasi di Hongkong, dari XL (sim card gw) bisa dipake 3 hari free. Tapi gw emank memutuskan akan beli sim card disana. Gw google sih ada tourist sim card yang PCCW tp gw tanya di airport kalo mau beli sim card dimana, orang disana bilang beli di seven eleven. Pas minta di seven eleven, dikasi nya sim card China Mobile Hongkong (CMHK) seharga 80 hkd (bisa buat iphone atau android, tenang aje). Jadi lah gw pake si CMHK ini selama di hongkong. Beli paket internet 5 hari 1.5 GB seharga 40 HKD, ada biaya admin 2 HKD jadi masi sisa 38 hkd di sim card sampai hari ini. Relakan saja demi kenyamanan berkomunikasi di luar negeri. Kalau ada masalah settingan, datengin aja counter nya yang ada di seantero Hongkong. Pas gw sih ada masalah ga bisa nyala internet nya, diganti APN nya jadi CMHK dan langsung nyala.

Selama di Hongkong, atas rekomendasi ie ie Foing, gw tinggal di The Cityview Hotel. Lokasi nya di deket exit A2 MTR Yau Ma Tei, Pitt Street.

Oh ya, sebelum lupa... Untuk kemudahan selama di Hongkong, belilah octopus card (silahkan digoogle untuk tampilan dan harga) Si kartu ini fungsinya mirip kartu flazz BCA atau e-money mandiri cuma lebih sakti!!! Selaen bisa discan cuma dengan nempelin dompet, kegunaan nya pun universal, ga kaya di Jakarta yang setiap bank ngeluarin kartu sendiri. Jangan ragu ragu untuk isi banyak di kartu karena hampir semua tempat bisa bayar pake octopus. Daripada ribet ngurusin receh, pake aja octopus. Bisa jajan di sevel, bayar bus, bayar mtr, beli makanan, ke supermarket dan lain lain.


Anyway... Hotel di Hongkong muahalnya amit amit!!!! Silahkan di cek di Agoda aja... Untuk Cityview ini, harga nya cukup bersahabat dibandingkan hotel lainnya di Hongkong, kamar cukup bersih dan praktis walopun kecil. Pelayanan cepat dan helpful walaupun kurang ramah. I think it's not the hotel but most of the people in Hongkong is rude by Indonesian standard. Jutek, galak dan buru2 semuanya. Lokasi hotel ini menurut gw asik banget. Selaen cuma kira2 10 langkah dari exit MTR, di depan nya ada sevel. Kemudian daerah nya kaya daerah pancoran/glodok gitu yang apa juga ada. Deket mongkok jadi bisa belanja pasar murah, banyak banget resto yang enak dan murah trus banyak jajanan!!! Let's talk food patients!!!!


Seafood Ball, Mini Pork Sausage and Bacon Wrapped Sausage (Around 10 HKD each)

The best one is the bacon wrapped one, yummyfuckinglicious!!! Yang ini gw beli di daerah Mongkok, kebetulan hotel emank deket sono jadi abis check in langsung muter cari makan siang dan snack. Dateng pas hari Minggu jadi rame banget, jalanan penuh orang semua.

 
Cold noodle in sweet and sour sauce with squids, duck's tongue and prawns (Around 5 HKD per topping)

Walaupun rasanya agak aneh karena dingin tp lumayan enak. Yang gw suka adalah lidah bebek nya, kenyal kenyal asik hihi


Beef Brisket Noodle (Around 25 HKD)

This is my first lunch in Hongkong. Masih di daerah Mongkok, puter2 aja di segala penjuru jalan ada makanan menarik yang pengennnn banget dicobain. Nah si warung bakmi ini di gang letak nya, kaya gang sempit daerah kota gitu deh. Ada beberapa meja buat tamu pada makan. Sumpah enak banget!!!! Kuah nya brothy banget, gurih dan harum dengan didominasi wangi pekak. Tau kan pekak, rempah yang bentuknya kaya bintang itu lho... Daging sapi nya lembut banget, bahkan babatnya aja lembut. Gw kaga tau deh direbus berapa tahun tu daging, yang jelas lembut enak dan sedikit berlemak. Perfecto


Fish Ball Noodle (Around 25 HKD)

IMO, enakkan beef versionnya. Don't get me wrong, mie bakso seafood nya itu enak tapi menurut gw sih lebi enak mie sapi nya. Kalo mie baso nya, clear soup dengan kaldu ayam. Baksonya sih yang enak, kenyal garing dan tidak amis sama sekali.

Satu hal yang harus diingat dan diperhatikan, kalo disana makan itu ga semeja 1 tamu. Mgkn karena keterbatasan tempat kali ya... Jadi pas makan disini kan perdana tuh, gw disuru geser gitu ngasi orang laen duduk, dengan terbengong bengong nya gw geser. Kecuali makannya di resto mahal dalem mal gitu, rata2 meja bisa share, apalagi kalo dateng cuma sendiri atau berdua.

Well, that's it for now patients! Lots of yummy food ahead, see you :)


4 comments:

  1. Arisssss asik bgttt ke hk :D
    Asik ya baca blog u, apalagi "kresek item" wkwkwkwkwkkw
    Mampir melipir ris ke blog g, baru mulai nulis2 dikit tapi, mohon kesudian dokter utk melipir

    www.indrilee.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. wah keren banget nih pengalamnnya..
    joss..
    salam kenal mbak

    thanks nice post..
    I like your sharing information..

    tasmurahwanita.com Mokamula
    kostdijogja.com Kost Jogja
    Jasa SEO Jogja

    ReplyDelete
  3. Octopus Card'nya beli dimana ya, dok? Recomended bt 5 hari, diisi brp ya? Hehehee.. Sm mau nanya, beli simcardnya itu brti total sm paket inetnya itu 80+40HKD ya? Di Macau bisa dipake juga? Thx

    ReplyDelete
  4. @jessica : Bisa beli di setiap MTR station, ada counter nya gitu bisa beli. Sim card gw beli di seven eleven, di macau tidak bisa dipakai... have fun in Hongkong :)

    ReplyDelete