Pages

Thursday, September 25, 2008

Sindroma Tante-Tante Medan

Hari ini adalah hari terakir gw ngelesin (yippeeee!!!!!) Nah, sejak hari selasa kmaren, my dear bos a.k.a Ko Suli tuh lage foto pre-wed di Jogja (mungkin dia mo foto di borobudur kale ya.....) alhasil, tampuk kepemimpinan Galaksi jato ke tangan gw (hahahah.... yeah lebai... i know....)

Berhubung uda mo libur, gw seh uda ga minat ngajar.... dan begitu juga dengan guru guru laen (yang gw curigai sebagai penyebab utama gw harus megang 2 kelas dalam 3 hari terakir... shit....) Pas gw uda mo mulai ngajar (by ngajar i meant cerdas cermat ala Mr. Aris), tiba tiba dateng lah sesosok tante-tante medan. Let's just refer her as Tante M. This is not the first time i saw Tante M at Galaksi, but usually i just ignore her.... Today, she seemed a bit lost (looking for Ko Suli maybe) and then she called me.

Percakapan dengan Tante M dimulai dengan dia menanyakan no telp......

(Hold your breath.....)

Nomor telpon...... ESTER!!!! (pasti pada uda mo ngegosip kalo tante tante minta nomor gw de.... )

Lalu percakapan berlanjut (selama stega jam ke depan) dengan dia nanya-nanya profil guru-guru di Galaksi. Tidak lupa dengan komentar pribadinya (thank God dia ga ngomongin gw.... apa mungkin dia ga tau nama gw?)

Lalu, ke problem utama hari ini...

Dia tuh lage nyari guru privat buat anak nya (that's the reason she asked for Ester's number) Lalu dia mulai menceritakan kriteria guru idealnya

Tante M: Uncle, (dia manggil gw uncle?!!!!! WTF?!!!) kalo si Ms. Melati, dia ngajar nya bagus tapi galak ya

Dr. B: Hmm iya seh, Melati emank rada galak, tapi ngajar nya bagus. (dia ga tau aja kalo gw lage ngajar..........)

Tante M: Kalo saya, ga mau de anak saya guru nya galak galak. Suaranya kenceng seh gpp, tapi ga mau kalo ampe dibentak gtu. Kasian anak saya

Dr. B : (dalam hati) ya iya kalo anak loe semi malaikat, dia blom liat aja murid murid gw.....

Tante M: Eh uncle, disini ngajar nya smua kebanyakan pake pengantar nya English ya

Dr. B: Kalo saya (saya lho......) seh tergantung kebutuhan. Kalo ngajar disini, saya ga pake English tralu banyak, percuma, anak nya kaga ngerti. Boro-boro bisa English, ngajarin pake B. Ind aja kaga ngerti-ngerti, apalagi pake English

Tante M: Eh orang tua sekarang, mau nya yang ngelesin nya pake bahasa inggris. Mereka ga mau yang pake indo lagi

Dr. B: (dengan sedikit sinis) Sebenernya seh ini smua tergantung orang tua nya. Kalo druma nya sehari-hari pake bahasa inggris trus ke dua ortu nya juga bisa berbahasa inggris dengan cukup lancar, baru bisa anak nya skul en les dengan bahasa inggris 100 %. Kalo yang les disini kan ga begitu, walopun sekola nya national plus tapi sehari-hari ngomong indo en orang tua nya ngomong indo juga (uda pengen gw tereakin "druma aja pake hokian, mao anak nya sok English!!!")

Tante M: Kalo uncle bisa ngasi privat kan pake English 100%? itu bayaran nya berapa ya?

Dr. B: Kalo saya sekali dateng 150 rb

Tante M: Hah?!!! Wah mahal ya..... ga bisa kurang ya? Berati sebulan sekitar 2 juta donk?

Dr. B: Yup. Kalo saya seh rate nya segitu, ga tau de kalo orang laen

Tante M: Hmm... kalo 100 rb bisa ga?

Dr. B: Wah schedule saya uda penuh (gw uda sinis aja..... mao quality bintang 5 harga kaki lima..... tapi schedule gw emank penuh ya... jadi ga boong!)

Ada apa seh dengan orang - orang?!! Mbok ya sadar kemampuan...... ini kaya pungguk merindukan bulan... Mendidik anak-anak yang English nya lancar berat itu musti dari kecil kaleee. Emank nya dia pikir kalo anak nya disekolain di sekolah national plus, langsung anak nya jago gtu English nya? Ngaca bu........ ngomong indo aja masi pake aksen cina....

Ini adalah sindroma ibu ibu mid class yang mao anak nya super keren en jadi bule!!! IMPOSSIBLE! 99% dari anak-anak yang English nya lancar itu dateng dari kluarga yang tajir. I mean TAJIR beneran, not some mid class OKB yang sok tajir.

Kalo loe anak tajir, otomatis ortu loe tajir. Nah ortu tajir itulah yang bisa berbahasa inggris dengan baik dan benar. Kalo ortu ngomong pake inggris ma anak anak nya tiap hari, tu anak ga perlu blajar macem macem juga inggris nya uda jago en lancar. Lalu, untuk belajar bahasa inggris dengan benar dan baik itu memerlukan sumber daya yang cukup! Harga buku nya mahal bo.... jangan harap de english loe jago kalo cuma ngandelin textbook lokal... textbook import tuh minimal 70rb/buku. U need at least 3/4 books tu support ur study... uda brapa duit tuh....

Semoga ya, orang tua-orang tua yang memiliki impian setinggi bintang tu sadar.....

NATIONAL PLUS SCHOOL IS NOT A GUARANTEE THAT UR KIDS WILL BE FLUENT IN ENGLISH (apa lage national plus jadi jadian macem St. Nicholas.....)

bahkan murid gw si brandon yang notabene memenuhi smua kriteria di atas untuk dapat lancar berbahasa inggris aja kalo bikin karangan masi belepotan... padahal dia uda grade 9.... yah apa mao dikata, namanya juga bukan mother tongue...

11 comments:

  1. Wkakakakaka LUCU !!

    this one is f-ing funny

    wait wait...lemme take a look again

    "150 rb = 1x dtg , 1 bln =2 jt"

    murid privat u ada brp ?? kalo murid privat u ada 5, itu bukanny 1 bln u terima 10 jt ??

    oh my God, and i thought ur salary was 6 millions ?? i guess I'm totally WRONG !!

    kykny skr ud -salary increased- ya ???

    i bet it's about 10 millions ya !! blom lg digabung dgn ngajar di galaxy per kelas

    gak heran, skr mainan ny ud CREDIT CARD !!

    kalo kyk gitu carany, DESEMBER liburan ke HK/Macau/Guangzhou donk ??

    tidur tmpt gw aja ntar, uang u buat transport + SHOPPING + makan aja di HONGKONG !! ok ?

    ahahhaha


    anyway ... ortu2 tajir + anak2 tajir baru Englishny fluent ??

    kalo gw gmn ?? gw kan anak org biasa aja !!
    tp menurut u English gw gmn ? gak terlalu jelek kan ? fluent kan ??

    tp gw anak org biasa lho, mid-low class MALAH !!

    ini ada explanation ny ga ?

    ReplyDelete
  2. Hmm... maksud gw literally anak anak.... yang tinggi badan less than 1 meter gtu lho...

    kalo uda tua mah.. doesn't apply

    HEH!!!!!! penggelembungan dana!!!!!! murid privat gw cuma 1!!!!!!!!!!

    ReplyDelete
  3. setuju gue sama loe bi! setelah sempat mendengar nci2 medan ngomong sama anaknya di supermarket dengan inggris yang belepotan dan campur aduk ga jelas...

    tapi 2 thumbs up buat emak2 itu untuk semangatnya mencoba ngobrol pake bahasa inggris yang notabene "pas-pas"an sama anaknya...

    ReplyDelete
  4. wkwkwkwkwk
    mana ujan, bechek, ga ada ojhek...
    ROFL

    ReplyDelete
  5. parents these days....

    ReplyDelete
  6. coba bi kenalin dia ma TT Rebby..;p

    ReplyDelete
  7. "kalo gw gmn ?? gw kan anak org biasa aja !!
    tp menurut u English gw gmn ? gak terlalu jelek kan ? fluent kan ??'


    I am appalled...Speechless abis :-P

    ReplyDelete
  8. Just an opinion,

    I do not think there is any correlation between one's English ability with one's wealth. We might have seen a kid from a poor family won an English based scholarship. You should be proud if the Enci2 Medan asked you to provide a genuine English based education, it could mean that you were smart to her. Got it?

    ReplyDelete
  9. Yeah it's not always like that. There's always exception. Not to undermine the capability of children with poor background but a proper english can only be learned if u have the means to study it. That needs money. Sometimes the english based scholarship is not based on the ability of the recipient to use english properly :)

    I myself comes from an ordinary family, not some rich international school kinda guy hehe

    I'm just saying, it is impossible to get a kid that age to speak and use english fluently unless they use english in their home with their parents. And the parents that can do that is usually rich and english literate. That's all i'm saying.

    Sometimes parents demand their children to be able to do things without thinking that they children need their support, not only their money to pay for school and tuition

    I was honored she asked me to teach her child. What i don't like is that she expect some magical result from me... :)

    Thanks for the comment hehe I really appreciate it, cheers :)

    ReplyDelete
  10. reply From: Anonymous
    May 25, 2010 6:19 PM

    Yes, it is sort of impossible for non-English speakers to practice English with their kids. I guess if the kids are motivated enough they should be able to find a way to do it themselves, but again age is generally something else, even though it is not commonly impossible.

    Still the question is, what could be done so the kid would have that kind of desire. Just my opinion :)

    I do teach to, English and math.. so I guess it is not a very easy responsibility.


    I can only say that your blog is genuine enough and I guess your brutal honesty is pretty rare to find these days, it entertains me truly.

    Keep on writing!

    ReplyDelete
  11. untuk tante nama w angga untuk tante2 d sumut kusus nya mdan siapa yg mau bantu q untuk membayar uang skul aku mau ngelakuin pa ja asal jgn yg cpek
    klau bsa mijetin tante & jilat2 memek tante.........btw klu tante mau
    em@il:jovyb@ymail.com
    buruan tan aku lg d mdan
    alamat : brig jend katamso

    ReplyDelete